Selasa, 18 Agustus 2015

Pemecahan Masalah Lingkungan Berlandaskan Ilmu Keteknikan


            Di dalam suatu lingkungan hidup pastilah tidak akan jauh dari masalah-masalah, ada yang terjadi secara alami seperti ke tsunami, gempa bumi, gunung meletus dan kemarau panjang. Ada juga masalah lingkungan yang justru diciptakan oleh manusianya itu sendiri,seperti banjir, tanah longsor, limbah industri, polusi, kebakaran hutan dan lain-lain. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi manusia itu sendiri juga lingkungan sekitarnya, maka perlu dilakukan segala cara untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik.
Menurut UU No.23 tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan pelakunya, yang mempengaruhi kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Dalam lingkungan hidup terdapat ekosistem yaitu tatanan unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi dalam membentuk kesetimbangan, stabilitas, dan prokdutivitas lingkungan hidup.
Teknik atau keteknikan adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia, yang bisa diselesaikan melalui pengetahuan, matematika, dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Sehingga dengan ilmu keteknikan kiranya bisa membantu mengurangi masalah lingkungan yang terjadi di masyarakat. Berbagai ilmu kajian keteknikan tentunya berkaitan langsung dengan lingkungan sekitar, seperti teknik arsitektur, sipil, elektro, lingkungan, kimia, mesin dan industri.
Arsitektur adalah ilmu yang berkaitan dengan perancangan bangunan, tapi dalam artian yang lebih luas arsitektur mencakup keseluruhan lingkungan binaan mulai dari level mikro seperti desain bangunan, perabot dan produk hingga level makro seperti perencanaan kota dan arsitektur lansekap. Oleh karena itu banyak orang yang beranggapan bahwa arsiteklah yang harus disalahkan mengenai kerusakan lingkungan karena apa yang dibangun oleh arsitek akan merusak tatanan lingkungan yang ada disekitarnya. Tetapi ini tidak sepenuhnya benar, karena arsitek juga berperan dalam memberi inovasi dalam permasalahan lingkungan, seperti tren green design yaitu penghematan dan pengurangan dampak-dampak negatif yang ditimbulkan dari terciptanya sebuah massa bangunan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Kemudian, ada yang namanya arsitektur ekologis yang merupakan pembangunan berwawasan lingkungan, dimana arsitek memanfaatkan potensi alam semaksimal mungkin seperti intensitas energi dan bahan bangunan yang digunakan saat pembangunan harus seminimal mungkin. Solusi lain yang lebih mudah yaitu bangunan hendaknya dibangun di wilayah yang kosong tanpa ada pepohonan apabila harus kiranya menebang pohon hendaknya menggunakan sistem tebang pilih sehingga tidak merusak seluruh habitat di wilayah tersebut. Bangunan yang baik juga seharusnya memiliki parit ataupun resapan air, tidak dianjurkan untuk memplester atau menyemen seluruh pekarangan karena hal ini menyebabkan air hujan tidak bisa terserap ke dalam tanah dan tergenang yang lama-kelamaan akan menyebabkan banjir.
Teknik elektro atau teknik kelistrikan adalah salah satu bidang ilmu teknik mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.. Kita bisa mengurangi permasalahan lingkungan hidup dengan energi yang dapat diperbaharui, selain mengurangi permasalahn lingkungan, hal ini juga baik karena dapat mengurangi pemakaian energi listrik yaitu seperti pemakaian biogas, gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik seperti kotoran hewan, manusia dan limbah rumah tangga. Diyakini, pembakaran menggunakan biogas ini lebih bersih daripada batu bara dan menghasilkan energi yang lebih besar dengan emisi karbondioksida yang lebih sedikit. Dengan teknologi dan proses mikrobiologi terkini, sampah organik akan menjadi pembangkit listrik yang jika dialirkan ke genset bio elektrik akan menjadi energi bagi penerangan, penggerak mesin, maupun daya listrik bagi perkakas rumah tangga.
Teknik Industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan evaluasi sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi, dan proses.. Teknik industri juga sangat berpengaruh dalam permasalahan lingkungan. Hal ini dapat ditanggulangi dengan menciptakan bungkus-bungkus kemasan produk ramah lingkungan sehingga dapat mudah mengurai jika ditimbun di dalam tanah, hal ini tentu saja akan mengurangi pencemaran tanah. Kemudian, limbah-limbah dari pabrik seharusnya diberikan aliran/ruangan tersendiri dan tidak seharusnya mengalirkan/membuangnya ke sungai karena hanya akan merusak ekosistem dalam sungai itu sendiri, sampah-sampah yang bersifat padat lama-kelamaan akan tertimbun dan menyumbat, sehingga banjir akan mudah datang.
Teknik mesin adalah ilmu teknik yang membahas mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Mesin adalah hal yang sudah tidak asing lagi bagi telinga kita karena dimana-mana terdapat mesin apalagi mesin kendaraan yang tentunya sudah menjamur di setiap tempat. Hal ini tentunya sangat meresahkan karena asap kendaraan yang keluar melalui knalpot tersebut akan mengakibatkan pencemaran udara. Konsumsi kita terhadap kendaraan semakin lama semakin membludak terutama di kota Jakarta, sehingga wajar saja kota ini didaulat menjadi kota terkotor ketiga akibat pencemaran udara di dunia. Selain lingkungan yang tercemar, tentunya udara yang kotor akan mengakibatkan berbagai penyakit pernapasan bagi sang pengendara yang susah mendapatkan oksigen, karena seluruh kota sudah tersesaki dengan polutan. Solusi yang paling jitu dalam hal ini adalah menciptakan knalpot yang tidak mengeluarkan asap dan memproduksi kendaraan dengan bahan bakar listrik, selain bebas polusi tentunya ini akan mengurangi penggunaan minyak bumi. Baru-baru ini telah muncul inovasi terbaru, yaitu mobil berbahan bakar hidrogen yang hampir sama dengan mobil listrik karena pengisian bahan bakarnya hanya memerlukan waktu 5 menit dan dapat menempuh perjalanan hingga 500 km dan hasil pembuangan tidak lagi karbondioksida tetapi air.
Teknik sipil adalah teknik yang tugasnya dekat dengan masyarakat, seperti membangun gedung, jembatan, rumah sakit, dll. Karena berhubungan dengan pembangunan, tentunya keteknikan ini juga bisa mengurangi kerusakan lingkungan seperti dengan menciptakan beton dengan campuran fly ash (limbah batubara) yang digunakan untuk pengganti semen dan limbah stone crusher (batu abu) yang digunakan untuk mengganti pasir, selain mengurai kerusakan lingkungan ternyata juga bisa menghemat biaya produksi. Ide ini digagas oleh mahasiswa teknik sipil yang mengikuti kompetisi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Teknik lingkungan berfokus pada desain dan teknologi untuk meningkatkan kualitas lingkungan di berbagai aspek, sehingga teknik lingkungan sangat berkontribusi dalam mempelajari lingkungan dan memberikan solusi dari permasalahan lingkungan hidup. Jika sudah terjadi permasalahan lingkungan tentunya harus ditanggulangi dengan tidak menebang pohon sembarangan tetapi harus menggunakan sistem tebang pilih, tidak hanya menebang tetapi menanam kembali agar tidak terjadinya kesetimpangan yang mengakibatkan banjir, tanah longsor dan kebakaran hutan. Membuang sampah pada tempatnya dan menganalisis sampah ke dalam kelompoknya masing-masing sehingga lebih mudah untuk ditanggulangi.
            Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan jika permasalahan lingkungan dapat diatasi dengan berbagai macam solusi berdasarkan ilmu keteknikan, selain itu inovasi-inovasi yang terus berkembang tentunya akan membuat lingkungan kita semakin baik kedepannya.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan melalui artikel ini, mohon maaf jika terdapat banyak kesalahan baik dalam pengejaan dan penjelasan yang saya paparkan. Dan juga saya berterima kasih karena sekiranya sudah berkenan membaca artikel ini. Semoga artikel ini memberikan kita kesadaran agar selalu menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dan nyaman.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_mesin
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_elektrohttps://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_industrihttps://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_lingkunganhttps://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_sipilhttps://id.wikipedia.org/wiki/Arsitektur
https://id.wikipedia.org/wiki/Lingkungan_hidup
http://hartoyo-sw-nd.blogspot.com/2010/11/pengaruh-arsitektur-terhadap-lingkungan.html
http://kolom-inspirasi.blogspot.com/2011/11/konsep-arsitektur-go-green-yang-ramah.html
http://usu.ac.id/id/article/1025/mahasiswa-usu-juara-i-innovation-of-high-strength-green-concrete-competition-2015
Laptop Si Unyil Eps. Jumat,14 Agt 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar